Monday, September 20, 2010

OLIMPIADE SAINS NASIONAL PERGURUAN TINGGI INDONESIA 2010



TENTANG OSN-PTI 2010

Olimpiade Sains Tingkat Perguruan Tinggi (OSN-PTI) 2010 adalah program yang memiliki potensi dan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini untuk mendorong mahasiswa yang mendalami bidang matematikan, fisika, kimia dan biologi agar lebih serius dan kompeten dibidangnya. OSN-PTI 2010 yang diprakarsai oleh Pertamina ini merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan terhadap pendidikan di Indonesia melalui program corporate social responsibility (CSR).

SASARAN OSN-PTI 2010

1. Menjalin hubungan secara aktif dengan institusi pendidikan dalam hal ini perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di 33 propinsi.

2. Ikut berperan aktif meningkatkan kwalitas pendidikan Tinggi khususnya bidang sains yang menjadi tulang punggung peneguasaan dan keamjuan teknologi di masa depan.

3. Membangun atmosfir saintifik di kalangan mahasiswa melalui kompetisi sains dalam bidang matematika, fisika, kimia dan biologi.

4. Mencetak generasi muda yang memiliki kemampuan sains dan dapat mengimplementasikan pengetahuannya untuk membawa bangsa ini dari ancamana global.

MISI OSN-PTI 2010

1. Implementasi dari komitmen Kepedulian Pertamina terhadap peningkatan kualitas Mahasiswa melalui kegiatan CSR pendidikan.

2. Implementasi Pertamina terhadap kegiatan sosial di bidang pendidikan yang berkesinambungan.

RUANG LINGKUP OSN-PTI 2010

1. Busines Information. Menjawab issue terkini dari narasumber Pertamina sehingga di harapkan mahasiswa dapat menjadi mediator Pertamina dengan masyarakat luas.

2. Share Information. Menyediakan data mengenai perubahan pola bisnis Pertamina sebagai wahana sosialisasi kebijakan perusahaan yang bersentuhan langsung dengan kehidupan Masyarakat umum, antara lain keamanan supplai BBM secara nasional, penemuan cadangan migas, produk dan teknologi baru.

3. Share Education. Membangun Reputasi Perusahaan di lingkungan akademik sebagai stakeholders yang kritis dalam menanggapi kondisi bangsa, sekaligus menumbuhkan “sense of belonging” terhadap Pertamina. Menjadikan mahasiswa sebagai “agent of change” dan “intangible asset” dalam masyarakat yang perlu mendapatkan informasi lengkap tentang bisnis dan kebijakan terbaru Pertamina.

AGENDA PELAKSANAAN

Pendaftaran

Pendaftaran baik secara online/email melalui panitia pusat atau Perguruan Tinggi Mitra pada tanggal 1 Agustus – 22 September 2010.

JADWAL KOMPETISI :

1. Seleksi Tingkat Provinsi

Babak Penyisihan (Ujian Tulis), yang akan berlangsung serentak di semua propvinsi pada tanggal 27 September 2010. Hasilnya akan diumumkan pada tanggal 01 Oktober 2010. Final tingkat Provinsi (Essay dan Paparan Makalah) pada tanggal 7 Oktober 2010.

2. Seleksi Tingkat Pusat

Tanggal 1 – 4 Nopember 2010 yang akan diikuti oleh para pemenang tingkat Provinsi di Jakarta

RINCIAN PEMBERIAN HADIAH PEMENANG UNTUK 4 BIDANG

JUARA PROPINSI I, II DAN III = 396 org

Beasiswa untuk

Juara I, 33 orang x 4 bidang kompetisi @ Rp. 6.000.000

Juara II, 33 orang x 4 bidang kompetisi @ Rp. 4.000.000

Juara III, 33 orang x 4 bidang kompetisi @ Rp. 2.000.000

Total Beasiswa Daerah Rp. 1.617.000.00

==============================================================

JUARA GRAND FINAL I, II, DAN III = 12 ORANG

Hadiah I untuk 4 orang Rp. 10.00.000

Hadiah II untuk 4 orang Rp. 8.500.000

Hadiah III untuk 4 orang Rp. 6.500.000

Total Dana Hadiah Final Rp. 100.000.000

DANA PEMBINAAN UNTUK UNIVERSITAS PEMENANG

Pemenang I Rp. 300.000.000,- (4 Universitas)

Pemenang II Rp. 200.000.000,- (4 Universitas)

Pemenang III Rp. 100.000.000,- (4 Universitas)

Total Hadiah Rp. 2.700.000.000.-

DESKRIPSI SISTEM KOMPETISI

Diskripsi Singkat Sistem Kompetisi SELEKSI TINGKAT PROVINSI OSN-PTI 2010

Sistem Kompetisi yang diterapkan di dalam ajang OSN-PTI 2010 dibagi menjadi 2 tahap, yaitu Tahap I (Seleksi Tingkat Provinsi) dan Tahap II (Seleksi Tingkat Pusat). Adapun Seleksi Tingkat Provinsi terbagi menjadi 2 babak yaitu Babak Penyisihan dan babak Final.

1. Babak Penyisihan Seleksi Tingkat Provinsi

Babak Penyisihan Seleksi Tingkat Provinsi OSN-PTI 2010 akan diselenggarakan pada tanggal 27 September 2010. Babak Penyisihan dilaksanakan serentak di setiap PT Mitra Kerja di 33 Provinsi. Bentuk seleksi pada Babak Penyisihan adalah Tes Tertulis dengan model soal Multiple Choice.

Dari Babak Penyisihan akan ditentukan sebanyak 9 peserta untuk setiap bidang atau 36 peserta untuk keempat bidang yang akan mengikuti Babak Final Seleksi Tingkat Provinsi.

Penetapan 9 peserta untuk untuk masing-masing bidang ditetapkan oleh Panitia Pusat berdasarkan urutan rangking 9 terbaik dari hasil jawaban soal tertulis Multiple Choice. Semua peserta yang lolos ke Babak Final Seleksi Tingkat Provinsi akan diberikan soal open ended yang dibuat oleh Panitia Pusat dan diwajibkan membuat makalah dan presentasi (ppt) yang akan dinilai pada Babak Final Seleksi Tingkat Provinsi.

2. Babak Final Seleksi Tingkat Provinsi

Babak Final Seleksi Tingkat Provinsi OSN-PTI 2010 akan diselenggarakan selama 1 (satu) hari pada tanggal 7 Oktober 2010 di masing-masing PT Mitra Kerja di 33 Provinsi. Bentuk seleksi pada Babak Final adalah Tes Tertulis dengan model soal Essay, Makalah dan Presentasi (ppt) tentang penyelesaian soal open ended.

Soal untuk seleksi Babak Final akan diberikan oleh Panitia Pusat. Penilaian tes seleksi Babak Final dilakukan oleh tim Juri yang dibentuk oleh PIC masing-masing provinsi. Berdasarkan hasil nilai total Tes Tertulis soal Essay (bobot 70%) dan Makalah (bobot 30%) akan ditentukan 3 peserta terbaik yang akan mempresentasikan (ppt) penyelesaian soal open ended. Berdasarkan hasil penilaian Presentasi (ppt) tentang penyelesaian soal open ended akan ditentukan urutan juara 1, 2, dan 3 untuk setiap bidang dan berhak atas hadiah beasiswa dari Pertamina sesuai dengan yang telah ditetapkan. Juara 1 untuk setiap bidang akan ditetapkan menjadi juara provinsi yang akan menjadi peserta Seleksi Tingkat Pusat yang akan diadakan di Jakarta dengan mengisi berita acara yang telah diberikan Panitia Pusat dan dikirimkan (dalam bentuk scanning) melalui email ke Panitia Pusat segera setelah berita acara ditandatangani oleh dewan juri dan PIC masing-masing Provinsi.

SILABUS BIDANG MATEMATIKA

1. Kalkulus

2. Matematika Diskrit (Kombinatorial, Kalkulus)

3. Aljabar

4. Persamaan Diferensial Biasa

SILABUS BIDANG BIOLOGI

1. Zoologi: keanekaragaman, struktur morfologi dan anatomi, fisiologi, tingkah laku

2. Botani: keanekaragaman, struktur morfologi dan anatomi, fisiologi

3. Mikrobiologi: keanekaragaman, struktur morfologi dan anatomi, fisiologi

4. Biologi sel dan molekular

5. Genetika dan evolusi

6. Ekologi

SILABUS BIDANG FISIKA

1. Mekanika Klasik

2. Mekanika Kuantum

3. Elektrodinamika

4. Termodinamika

5. Fisika Modern

SILABUS BIDANG KIMIA

1. Kimia Anorganik

2. Kimia Fisik

3. Kimia Organik

4. Biokimia

5. Kimia Analisis

6. Komplek

7. Kimia Teori

8. Metode Instrumen Penetapan Struktur

PENDAFTARAN

OSN-PTI 2010 (Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi se-Indonesia) merupakan ajang kompetisi sains di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi antar mahasiswa tingkat nasional. Gelaran ini untuk mencari dan menghasilkan kandidat yang akan diikutsertakan dalam seleksi olimpiade Internasional. Perhelatan akbar bergengsi ini dilaksanakan oleh Universitas Indonesia untuk memperebutkan hadiah total milyaran rupiah. Kompetisi ini akan melalui dua tahapan, yaitu tingkat provinsi dan tingkat nasional.

PERSYARATAN PESERTA

Mahasiswa S1 PTN dan PTS seluruh Indonesia yang masih aktif kuliah dibuktikan dengan kartu mahasiswa dan surat pengantar dari Ketua Jurusan/Dekan/Rektor. Kompetisi ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang pernah mengikuti lomba olimpiade tingkat mahasiswa internasional dan pemenang 1,2 dan 3 OSN-PTI 2008 dan 2009 Minimal semester 3.

FASILITAS

1. Seleksi peserta di tingkat daerah dilaksanakan di setiap propinsi

2. Tidak dipungut biaya pendaftaran

3. Peserta yang lolos seleksi tingkat provinsi mendapat fasilitas akomodasi dan transportasi untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di Jakarta.

Informasi lebih lanjut hub:

UKM PENALARAN

Di sekre PENMARU, gedung FKIP (B) lt 2.

FORMULIR PENDAFTARAN

Nama Lengkap :

Tempat Tanggal Lahir :

Jenis Kelamin :

Asal Perguruan Tinggi :

Fakultas :

Jurusan/Progdi :

Tahun Angkatan :

Semester :

Nomor Telpon/HP :

Alamat e-mail :

Bidang Kompetisi OSNPTI : a. Matematika

b. Biologi

c. Fisika

d. Kimia

Ket: peserta hanya boleh mengikuti satu bidang kompetisi, apabila lebih akan digugurkan.

Bagi calon peserta dimohon mengumpulkan data diri sebelum tanggal 22 September 2010

No comments:

Post a Comment